Selasa, 13 Desember 2016

day 3 - Kawaguchiko Lake

Hari ketiga di Jepang, rencana awal kami adalah mengunjungi kawaguchiko lake dan Fuji Q highland. Dan mulai menggunakan JR Tokyo Wide Pass.

Untuk menuju kawaguchiko bisa pakai kereta atau highland bus. Tapi karena kami punya wide pass dari Shinjuku station kami menggunakan limited train menuju Otsuki dan ganti kereta fujikyu ke kawaguchiko.

Sampainya di stasiun Otsuki di loket pembelian tiket kereta tertulis bahwa FujiQ highland sedang dalam regular holiday. Satu kesalahan saya tidak re-check lagi web resminya, karena memang ada regular holiday tiap bulan. Sedikit kecewa karena hari itu batal ke Fujkyu higland (yang memaksa kami mengorbankan itin lain untuk ke Fujikyu di hari ke4).

Fyi, Kereta Fujikyu railway, dibagi jadi 2 jenis yaitu biasa dan ekspress. Bedanya, kl train biasa lebih banyak berhenti d stasiun kecil & kereta yg digunakan adalah KRL biasa. Sedangkan ekspress, lebih cepat 30 mnit karena hnya berhenti di 3 stasiun (mt Fuji, fujikyu highland dan Kawaguchiko), kereta yg dipakai juga unik dan memang khusus di design untuk wisata. Jadi jangan lupa cek timetable keretanya di hyperdia.com

Fujikyu ekspress with cute costume version

Inside the train

Sepanjang jalan gunung fuji akan tampak jelas di kursi sebelah kiri. Dan kalau pakai fujikyu express akan ada momen kereta akan jalan sangat lambat di titik best-view melihat gunung fuji tapi jangan khawatir kelewat karena pasti diumumkan lewat speaker, beruntung hari itu cerah sehingga kami bisa lihat gunung fuji dgn jelas.

Belum ada saljunya

Perhentian akhir Fujikyu Train adalah kawaguchiko station. Dari stasiun ini ada sightseeing bus untuk keliling Kawaguchiko. Tiketnya bisa dibeli di ticket office, untuk 2 day pass sendiri ada 2 jenis yaitu red-green line buss (1200¥) dan red-green-blue line (1500¥). Bedanya kl red-green line jalurnya lebih pendek dan hanya bisa keliling rute 2 danau (kawaguchiko & seiko), sedangkan red-green-blue rutenya lbh panjang dan keliling ke 3 danau. Jadi kalau niat nginep di penginapan area kawaguchiko tiket terusan ini sangat worth.
Sekiranya gak jalan jauh dan udah tau tujuannya kemana, bisa juga bayar diatas sesuai fare jauh dekatnya (biasany kelipatan 150 per stop).

Bus tidak akan berhenti sembarangan, ada baiknya untuk selalu megang guide map jadi bisa ngira-ngira waktu berhenti, supir bus selalu menginfokan next stop dan kita harus mencet tombol kalau mau turun di next stop tsb.

Inside the bus

Karena batal ke fujikyu highland kami memutuskan untuk seharian di kawaguchiko dan membeli 2day bus pass red-green-blue line biar lebih puas. Urutan rute kami red line, green line dan blue line.

route bus map & Cek web nya sightseeing bus kawaguchiko
Dalam route map sudah ada point tempat wisata yang dilewati, lengkap dengan timeschedule bisnya.

Di red line kami berhenti di spot kawaguchiko mt fuji view point, maple coridor dan kawaguchiko Natural Living.

Dari atas kawaguchiko-ohasi bridge.. Mt fuji mulai ketutup awan

Lalu menuju mapple corridor. Ekspektasi kami pas oktober udah merah kayak yang di gambar-gambar eh ternyata masih ijo & nothing special 😂

Green momiji

Lalu kami cari bus stop lagi dan nunggu bus ke Kawaguchiko Natural Living. Letaknya diujung red line route dan sepertinya disini spot yang paling lama kita berhenti. Karena pemandangannya top dengan view kebun bunga di depan mt fuji dan kawaguchiko lake. Betah lama-lama. Disini juga ada restoran dan toko oleh-oleh yang besar

lavender yang berbunga di musim semi

Toko oleh-oleh di Natural Living

Aneka snack berbentuk Fujisan

Tanpa diduga iin & rini nemu kebun kochia di ujung jalan sana, saya yang lagi asik liat-liat souvenir jadi ikut kesana.. Dann benar sajaa... Kebun penuh kochia yang sedang bersemu merah. Cakepp. Saya pikir kebun penuh kochia cuma ada di hitachi seaside park tapi ternyata di sini juga ada. Dapet bonus background gunung Fuji pula.

Mt fuji as backdrop
Jalan menuju kochia garden

Kochia season 😍

Good boy !

Setelah puas lama-lama, kami nunggu red bus line lagi untuk kembali ke titik transfer bus green line.

Ternyata kawaguchiko ini luaass banget sodara-sodara, karena udah jam 3 sore kami hanya ikut di keliling dalem bus green line tanpa turun di spot wisatanya (ngiterin kawaguchiko lake dan saiko lake), takut gak keburu schedule bis terakhir (jm 5 sore) lalu tranfer ke bus blue line sampai Shojiko lake dan ngikut di dalem bus sampe perhentian terakhir di kawaguchiko statiom, itupun menghabiskan waktu 3 jam ! areanya luaas bgt, dan sepanjang rute pasti ada spot wisatanya jadi kl mau nyamperi  semua, waktu 2 hari juga gak bakal cukup. Mungkin kayak lembang gitu, udaranya sejuk, tiap jalur ada spot wisata dan banyak penginapan, bedanya transport umumnya udah teratur.

Map Fuji Five Lakes

Notes :

Jangan sampai bus pass ilang di tengah perjalanan, karena kl gk bisa nunjukin bisa kena route fare yang makin jauh jaraknya makin mahal. Ini kejadian sama cece yg ngilangin kartu passnya di rute terakhitr. beruntung sang supir sangat baik hati mau memaafkan kesalahan cece tanpa bayar extra lagi.